Rekrutmen merupakan tahap yang krusial bagi perusahaan,
karena terdapat tuntutan untuk memperoleh orang dengan kesesuaian yang tinggi
dengan perusahaan, baik dari segi skill, kompetensi, knowledge, hingga
karakter. Ini bukan merupakan pekerjaan yang mudah, sehingga perlu dilakukan
dengan perencanaan yang baik.
·
Proper Planning
Sebelum menjalankan proses rekrutmen, perusahaan
harus melakukan planning dengan tepat. Planning ini meliputi skill dan
knowledge seperti apa yang diinginkan dari seorang kandidat? Bagaimana karakter
yang sesuai dengan posisi suatu jabatan? Pertanyaan-pertanyaan yang nantinya
akan diajukan harus dapat mencakup ini.
·
Job Description dan
Ekspektasi Jelas
Job description yang tampil di iklan lowongan pekerjaan seringkali
tidak menggambarkan keseluruhan deskripsi pekerjaan. Oleh karena itu, selama
berjalannya proses rekrutmen, perusahaan harus memberikan gambaran yang
mendetail mengenai suatu pekerjaan. Apa saja ekspektasi yang diharapkan dari
kandidat? Pekerjaan apa saja yang akan dilakukan? Ini berupaya untuk mengukur
kesesuaian kandidat dengan pekerjaan tersebut. Jangan sampai kandidat sudah
menerima pekerjaan tersebut, kemudian kesan yang diperolehnya tidak sesuai
dengan pekerjaan sebenarnya, yang mengakibatkan turnover.
·
Libatkan Karyawan
Libatkan karyawan Anda dalam proses rekrutmen.
Misalnya, Anda dapat meminta rekomendasi kandidat dari mereka.Biasanya, melalui
rekomendasi inilah perusahaan dapat memperoleh kandidat yang sesuai, karena
karyawan Anda sudah mengetahui track record si kandidat. Selain meminta
rekomendasi, perusahaan juga meminta bantuan karyawan dalam mereview resume,
kualifikasi dan CV kandidat, bahkan hingga melakukan wawancara.
·
Cek Referensi dan Latar
Belakang
Ketika perusahaan sudah menemukan kandidat yang sepertinya sesuai,
langkah selanjutnya adalah mengecek referensi dan latar belakang dari kandidat
tersebut. Ini tidak mutlak terjadi, namun penting jika Anda mengalami keraguan
dan butuh reassurance mengenai seorang kandidat. Saat ini banyak beredar
ijazah palsu dan jual beli gelar, sehingga penting bagi Anda untuk mengecek
latar belakang.
·
Manfaatkan Website dan
Software
Di zaman teknologi saat ini, Anda perlu untuk memanfaatkannya dengan
optimal. Anda dapat memanfaatkan website Anda untuk merekrut orang,
sederhananya dengan posting lowongan kerja. Selain itu, Anda juga bisa
mengembangkan suatu sistem dimana pelamar langsung mengisi data-datanya ke
website, sehingga langsung masuk ke database perusahaan. Sehingga, kandidat
yang sedang membuka website Anda kemudian tertarik, bisa langsung melamar saat
itu juga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar